SRAGEN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sragen menyerahkan bantuan kepada satu keluarga asal Dukuh Karangmanis, Desa Bentak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, yang menjadi korban gempa bumi Mamuju, Sulawesi Barat awal tahun 2021 lalu.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinsos Sragen, Joko Saryono bersama Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos, Finuril Hidayati, Rabu (3/2/2021) siang.

Kepala Dinsos Sragen, Joko Saryono menjelaskan satu keluarga yang terdiri dari Ayah, Randy Pramana Yudha (46), Ibu, Pitri Rohayani (39) serta dua anak yang masih berusia 10 tahun dan 1 tahun itu kembali ke kampung halamannya di Sragen setelah kediamannya di Mamuju luluh lantak.

“Mereka pulang bersama dengan 54 orang korban gempa dari Mamuju ke Solo dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara pada 25/1/2021 lalu. Setibanya di Solo mereka langsung pulang ke rumah orang tua Pitri di Bentak,” kata Joko.

Selain bantuan dampak gempa bumi Mamuju, Joko menambahkan juga memberikan bantuan jatah hidup (jadup) untuk pasien Covid-19 yang diberikan kepada keluarga itu.

“Bantuan pertama karena keluarga ini terdampak gempa bumi Mamuju kami berikan bantuan berbentuk kasur matras, sembako, uang tunai dari Bupati Sragen, pakaian anak-anak, hingga alat rumah tangga. Kedua, kami juga memberikan bantuan untuk jadup karena terdampak covid-19,” papar Joko.

Terkait pemindahan administrasi kependudukan, Dinsos juga akan membantu memfasilitasi untuk mengurus administrasi kependudukan keluarga Randy.

“Mereka berencana menetap di Sragen, tetapi status kependudukannya masih tercatat di Mamuju. Jadi, kami akan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen untuk mengurus administrasi kependudukannya. Untuk kehidupan selanjutnya, kami bisa koordinasikan dengan SKPD terkait lainnya. Misalnya membutuhkan keterampilan bisa ikut diklat di Dinas Tenaga Kerja,” ujarnya.

Sementara, Randy Pramana Yudha mengaku sudah 11 tahun merantau dan berjualan jamu di Mamuju bersama istrinya. Randy serta keluarganya itu juga berniat untuk menetap tinggal di Sragen.(SRAGENKAB)

By DJUNOT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *